Rabu, 31 Juli 2013

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN / DIKLAT KEPALA PERPUSTAKAAN ANGKATAN VIII

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
KEPALA PERPUSTAKAAN SMP/MTs, SMA/MA, DAN SMK/MAK POLA 300 JAM

ANGKATAN KE-VIII DI TEGAL

Tanggal 20 Desember 2013 s/d 16 Februari 2014

Diselenggarakan oleh:
Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) 
CP Pak Badrus (081325253168/085740912423)

A. Latar Belakang
Berdasarkan Permendiknas No 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakan Sekolah/Madrasah. Penyelenggara Sekolah/Madrasah wajib menerapkan standar tenaga perpustakaan Sekolah/Madrasah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini, selambat-lambatnya 5 (lima) tahun setelah Peraturan Menteri ini ditetapkan. Setiap sekolah/madrasah untuk semua jenis dan jenjang yang mempunyai jumlah tenaga perpustakaan sekolah/madrasah lebih dari satu orang, mempunyai lebih dari enam rombongan belajar (rombel), serta memiliki koleksi minimal 1000 (seribu) judul materi perpustakaan dapat mengangkat kepala perpustakaan Sekolah/Madrasah.
Kualifikiasi untuk Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Pendidik harus memenuhi syarat: a. Berkualifikasi serendah-rendahnya diploma empat (D4) atau sarjana (S1); b. Memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan Sekolah/Madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah; c. Masa kerja minimal 3 (tiga) tahun. Guna menjawab tantangan kemajuan dunia pendidikan perlu diadakan suatu pendidikan dan pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah.

B. Tujuan Pendidikan dan Pelatihan
Tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah: membekali peserta dengan kemampuan dalam mengelola perpustakaan, sehingga peserta pendidikan dan pelatihan dapat menyelenggarakan tata kerja rutin perpustakaan, mulai dari pengadaan, pengolahan, perawatan koleksi, dan pelayanan perpustakaan.

C. Pelaksanaan
Pendidikan dan Pelatihan akan dilaksanakan pada:
Tanggal : 20 Desember 2013 s/d 16 Februari 2014
Tempat : SMA Al Irsyad Tegal
Pola diklat : 1. Tatap muka di SMA Al Irsyad Tegal
Setiap hari sejak tanggal 22 Desember 2013-Januari 2014,
Pukul: 08.00-17.00
2. Tugas Mandiri di sekolah masing-masing.
3. Kunjungan ke Perpustakaan.

D. Materi Diklat
1. Kompetensi Managerial = 16 jam
2. Kompetensi Pendidikan = 16 jam
3. Kompetensi Kepribadian = 16 jam
4. Kompetensi Sosial = 16 jam
5. Kompetensi Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Profesi:
a. Pengantar Ilmu Perpustakaan = 24 jam
b. Manajemen Perpustakaan Sekolah = 24 jam
c. Pengadaan dan Pengembangan koleksi = 24 jam
d. Klasifikasi = 30 jam
e. Katalogisasi = 30 jam
f. Otomatisasi Perpustakaan = 30 jam
g. Layanan = 24 jam
h. Preservasi = 30 jam
i. Kerjasama = 20 jam
Jumlah = 300 jam

E. Sasaran
Pendidikan dan pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah ini diharapkan diikuti oleh guru dari SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan instansi lain.

F. Susunan Panitia
Kelengkapan penyelenggara pendidikan dan pelatihan ditangani oleh kepanitiaan berikut ini:
SUSUNAN PANITIA
1. Pembina : Prof. Dr. Wasino, M.Hum
2. Pelindung : Dr. Agus Maladi Irianto, M.Si.
3. Penanggung Jawab Akademik : Dr. Dewi Yuliati, M.Si.
4. Penanggung Jawab Pelaksana : Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum
5. Penjamin Mutu : Nur Fauzan Ahmad, S.S, MA
6. Ketua Panitia : Dra. Dwi Harti, M.Pd
7. Sekretaris : R Imam Handoko, SE, MH
8. Bendahara : Kustiyani, S.Sos, M.Pd.
9. Konsumsi : Catering and Snack “Widya”
10. Koordinator Lapangan : Dr. Agung Pramono, M.Pd

G. Narasumber 
Team Dosen Universitas Diponegoro Semarang

H. Fasilitas
• Modul materi
• Makan siang
• Kartu HIPPSI
• Buku Kenangan
• Sertifikat 300 jam dan transkrip nilai
• Legalisir sertifikat dan transkrip nilai

I. Investasi
Biaya diklat Rp 4.250.000,00. Dibayar saat pendaftaran minimal 50%, kekurangannya harus dilunasi sebelum pengambilan Kartu Ujian Akhir Diklat.

J. Penutup
Program ini merupakan panggilan jiwa anak bangsa untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Proposal ini kami dengan harapan pendidikan dan pelatihan ini dapat dijadikan sebagai salah satu wahana dalam meningkatkan kualitas serta profesionalisme dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami menyampaikan terima kasih.

Catatan:
- Saat mengikuti Diklat membawa Laptop dan modem

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar