Rabu, 31 Juli 2013

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN / DIKLAT KEPALA LABORATORIUM ANGKATAN VI

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
KEPALA LABORATORIUM SMP/MTs, SMA/MA DAN SMK/MAK POLA 300 JAM

ANGKATAN KE-VI
DI PPS UNNES SEMARANG
Tanggal 08 September s/d 24 November 2013
Diselenggarakan oleh:
Program Pasca Sarjana (PPs)
Universitas Negeri Semarang (UNNES)
CP Pak Badrus (081325253168/085740912423) 

A. Latar Belakang
Berdasarkan Permendiknas No 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah seorang kepala laboratorium perlu adanya kualifikasi, standar kompetensi dan sertifikasi. Kualifikasi kepala laboratorium Sekolah/Madrasah menurut Permendiknas melalui jalur guru antara lain: 1) Pendidikan minimal sarjana (S1), 2) Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum, 3) Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
Kompetensi utama yang harus dipenuhi sesuai dengan Permendiknas No. 26 tahun 2008 tersebut adalah: 1) Kompetensi Kepribadian, 2) Kompetensi Sosial, 3) Kompetensi Manajerial, 4) Kompetensi Profesional. Guna menindaklanjuti Permendiknas Permendiknas no. 26 tahun 2008 dirasa perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan tentang pengelolaan laboratorium sekolah/madrasah.


B. Tujuan Pendidikan dan Pelatihan
Adapun tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah: membekali peserta dengan kemampuan dalam mengelola laboratorium sekolah/madrasah, sehingga peserta diklat dapat mengelola laboratorium berkaitan dengan fungsi manajer yakni perencanaan, penataan, administrasi, pengamanan, perawatan dan pengawasan.

C. Pelaksanaan
Pendidikan dan Pelatihan akan dilaksanakan pada:
Tanggal : 08 September s/d 24 November 2013
Waktu : pukul 08.00 – 17.00 WIB
Tempat : Kampus Universitas Negeri Semarang
Kampus PPs UNNES Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang.
Pola Diklat:
1. Tatap muka Setiap Sabtu dan Minggu, Pukul: 08.00 – 17.00
2. Tugas Mandiri di sekolah masing-masing
3. Ujian Akhir Diklat
4. Kunjungan ke Laborat UNNES.

D. Materi Pendidikan dan Pelatihan
1. Kompetensi Managerial 24 Jam
2. Kompetensi Sosial 24 Jam
3. Kompetensi Kepribadian 24 Jam
4. Kompetensi Profesional:
a. Pengelolaan Laboratorium IPA 48 Jam
b. Pengelolaan Laboratorium IPS 48 Jam
c. Pengelolaan Laboratorium Matematika 30 Jam
d. Pengelolaan Laboratorium Bahasa 42 Jam
e. Pengelolaan Laboratorium TIK 30 Jam
f. Pengelolaan Laboratorium Seni dan Olahraga 30 Jam
Jumlah 300 Jam

E. Narasumber
Mata diklat
Instruktur
Kompetensi Kepribadian Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd Dr. Edy Purwanto, M.Pd
Kompetensi Managerial Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd
Kompetensi Sosial Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd
Pengelolaan Laboratorium Kimia Agung Tri P, S.Si, M.Si & Dr. Sudarmin, M.Si
Pengelolaan Laboratorium Matematika Dra. Emi Pujiastuti, M.Si & Heri Sutarto S.Pd., M.Pd
Pengelolaan Laboratorium Matematika Drs. Suhito, MPd & Ardhi Prabowo, SPd. MPd
Pengelolaan Laboratorium Fisika Dr. Supriyadi, M.Si. & Dr. Sulhadi, M.Si
Pengelolaan Laboratorium Biologi Dra. Lina Herlina, M.Si & Dra Aditya Marianti, M.Si
Pengelolaan Laboratorium Sejarah Drs. Karyono, M.Hum
Pengelolaan Laboratorium PKn Moh. Aris Munandar, S.Sos, MM
Pengelolaan Laboratorium Ekonomi Bestari Dwi Handayani, SE, M.Si Prasetyo Ari Wibowo, SE, MM
Pengelolaan Laboratorium SosAntro Kuncoro Bayu Prasetyo, S.Sant. MA
Pengelolaan Laboratorium Geografi Drs. Sriyono, M.Si
Pengelolaan Laboratorium TIK Drs. Said Sunardiyo, MT Dr. Djuniadi, MT
Pengelolaan Laboratorium Bahasa Rohani, S.Pd, M.A Arif Suryo Priyatmojo S.Pd., M.Pd
Bambang Purwanto, S.S, M.Hum
Pengelolaan Laboratorium Olah raga Supriyono, S.Pd., M.Or
Pengelolaan Laboratorium  Seni M. Hasan Bisri, S.Sn., M.Sn

F. Sasaran
Pendidikan dan Pelatihan Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah Pola 300 Jam ini dapat diikuti oleh guru SMP, MTs, SMA, MA dan SMK.

G. Susunan Panitia
Kelengkapan penyelenggara pendidikan dan pelatihan ditangani oleh kepanitiaan berikut ini:
1. Pembina : Prof. Dr. Wasino, M.Hum
2. Pelindung : Prof. Dr. Samsudi, M.Si
3. Penanggung Jawab Akadmik : Prof. Dr.rer.nat. Wahyu Hardyanto M.Si.
4. Penanggung Jawab Pelaksana : Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd
5. Ketua Gugus Diklat : Dr. Djuniadi, MT
6. Sekretaris Gugus Diklat : Dr. Wahyu Lestari, M.Pd.
7. Penjamin Mutu : 1. Dr. Supriyadi, M.Si.
2. Dr. Sudarmin, M.Si.
8. Ketua Panitia : Dra. Dwi Harti, M.Pd
9. Sekretaris : R. Imam Handoko, SE, M.H
10. Bendahara : Kustiyani, S.Sos, M.Pd
11. Konsumsi : Catering and Snack “Widya”
12. Koordinator Lapangan : Dr. Agung Pramono, M.Pd

H. Penutup
Program ini merupakan panggilan jiwa anak bangsa untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Dengan Pendidikan dan Pelatihan Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah Pola 300 Jam, kami berharap agar dapat menjadi salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas serta profesionalisme dalam mengelola laboratorium sekolah. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 3 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk menjemput berkas SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa terima SK PNS saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

    BalasHapus